Sejarah Motor Vespa
Garis Sejarah Motor Vespa motor-skuter pertama kali diproduksi oleh Piaggio & Co SpA dari Pontedera, Italia pada tahun 1946.
Perusahaan Piaggio didirikan oleh Rinaldo Piaggio (1864-1938) pada tahun 1884, mulai manufaktur lokomotif dan kereta kereta api di Genoa, Italia. Pada awal Perang Dunia II, perusahaan Piaggio, Industrie Aeronautiche e Meccaniche Rinaldo Piaggio SpA, adalah salah satu pemasok terkemuka Italia pesawat tempur.
Perusahaan Piaggio didirikan oleh Rinaldo Piaggio (1864-1938) pada tahun 1884, mulai manufaktur lokomotif dan kereta kereta api di Genoa, Italia. Pada awal Perang Dunia II, perusahaan Piaggio, Industrie Aeronautiche e Meccaniche Rinaldo Piaggio SpA, adalah salah satu pemasok terkemuka Italia pesawat tempur.
Selama kampanye
pengeboman sekutu terhadap infrastruktur industri militer Italia,
Piaggio Costruzione Meccaniche Nazionali di pabrik-pabrik di Pontedera
Finale Ligure, Genoa dan Pontedera hancur total. Dalam periode
rekonstruksi pasca-perang pertengahan 1940-an, Rinaldo Piaggio anak
Enrico memutuskan bahwa perusahaan Piaggio akan meninggalkan bidang
penerbangan, dan sebagai gantinya, berfokus pada transportasi murah
manufaktur yang sangat dibutuhkan untuk membantu membangun kembali
ekonomi Italia hancur.
"Tawon" Para MP6 Vespa Prototipe
Tugas merancang mode,
transportasi murah baru ditugaskan untuk insinyur 'Vittoria Casini dan
Renzo Spolti. Pada tahun 1943, memperkenalkan skuter Piaggio pertama
mereka dibangun di sebuah pabrik di Biella (Piemonte), yang "Moto
Piaggio 5" (MP5 Paperino), dijuluki "Pato Donald" (Donald Bebek) oleh
para pekerja pabrik. Para Paperino menggunakan 98 cc Sachs menyalakan
dua motor yang dibuat di Jerman.
Enrico Piaggio tidak
terlalu senang dengan tampilan MP5, sehingga ia berpaling desain
pekerjaan ke Corradino D'Ascanio (1891-1981), yang sebelumnya seorang
insinyur penerbangan untuk Costruzioni Aeronautiche Agusta SpA
penerbangan. D'Ascanio persyaratan desain adalah untuk menciptakan
sebuah kendaraan roda dua yang terjangkau, mudah dioperasikan, dan dapat
diakses oleh berbagai driver dengan memanfaatkan desain melalui
langkah-yang akan menarik bagi pria dan wanita.
D'Ascanio's penciptaan
baru diluncurkan pada tahun 1945, di bawah kode nama MP6 "Vespa," yang
berarti "Tawon" dalam bahasa Italia. The "Vespa" nama diciptakan oleh
Enrico Piaggio, yang pertama mengomentari melihat prototipe MP6: ". Ini
mengingatkan saya tawon" "una vespa Sembra," atau Vespa yang telah jelas
non-sepeda motor di desain dan penampilan, lebih lanjut menambahkan
daya tariknya dengan seks yang lebih adil.
Asal dari Scooter 'Langkah-Melalui' (Auto-Fauteuil)
"Langkah-melalui" motor
skuter ini tentu bukan konsep baru, menelusuri akarnya kembali ke 1902
Prancis, dengan pengenalan 3hp "Auto-Fauteuil." Meskipun tata letak
desain dasar Vespa secara longgar didasarkan pada prinsip Auto-Fauteuil,
pengaruh utama berasal dari kontemporer mencari "50-Series Auto-Glide"
langkah-melalui motor skuter, yang diproduksi oleh Motor Cushman
Pekerjaan Lincoln, Nebraska, sejak 1936.
Langkah
lain-melalui-sama dirancang skuter yang disebut "Motor Glide" dirancang
oleh E. Foster Salsbury dari Oakland, California, mulai tahun 1936.
Vespa 98
Model motor Vespa
pertama untuk menggulung dari jalur perakitan disebut "Vespa 98," yang
diluncurkan pada tahun 1946. Meskipun 98 Vespa adalah fitur di sampul La
Moto dan majalah Motorciclismo di awal 1946, reaksi awal dicampur,
sehingga hanya lima puluh diproduksi di pabrik baru yang terletak di
Pontedera, Tuscany.
Awalnya, sejara motor
Vespa baru dipasarkan melalui dealer mobil Lancia, dan penjualan terus
naik ke lebih dari 2.400 unit di tahun model pertama. Para 98 memiliki
poros drive eksternal antara roda belakang dan berpendingin udara 2-tak
motor dengan kecepatan tertinggi 75 km / jam Pada tahun 1948, Piaggio
keluar dengan V1T itu - V15T dengan 125 (124,8 cc) motor.
Peningkatan berikutnya
datang pada tahun 1947, dengan Seri 2 yang didesain ulang untuk membuat
roda dan ban mudah berubah. Bahkan ada versi ramping balap disebut Vespa
Corsa 98, yang memiliki kecepatan tertinggi 80 km / jam!Ada juga Vespa
98 "Racing Circuit" yang digunakan sebagai laboratorium bergulir untuk
inovasi desain masa depan.
Motor Vespa Racing Warisan
Pada tahun 1948, Vespa
mulai untuk terus meningkatkan perpindahan dua-stroke motor nya, dengan
pengenalan dari Vespa 125. Pada 1949, Vespa sebenarnya mulai menempatkan
baik di sirkuit balap, dengan 125 nya Corsa "telaio di Lega" (chasis
paduan) pembalap GP. Pada tahun 1950, Vespa ditempatkan pertama dan
kedua di Grand Prix Bologna, riden oleh Giuseppe Cau dan Dino
Mazzoncini.
Pada awal 1950-an, Vespa
sedang membangun beberapa pembalap yang inovatif, pengaturan semua
jenis catatan untuk classs perpindahan mereka.Vespa "Monthery" adalah
skuter ketahanan / tanah streamline kecepatan yang mematahkan rekor
dunia lebih dari tujuh belas termasuk menjalankan 1-jam dengan kecepatan
rata-rata 134km / h; lari 100-mil dengan kecepatan rata-rata 129.7km /
h; dan berjalan 1.000 mil dengan kecepatan rata-rata 124.3km / jam!
Salah satunya forays
Vespa ke dunia multi-silinder kendaraan itu dengan D'Ascanio's Vespa
super streamline "Siluro," yang digunakan 124,5 cc horizontal-lawan
kembar, memproduksi lebih dari 17 hp @ rpm 9500. Pada tahun 1951,
memecahkan rekor Siluro kilometer berdiri di 21,4 detik dengan kecepatan
rata-rata 171,1 124.3km / h.
Motor Vespa mengambil Dunia
Sepanjang 1940-an, Vespa
mulai menembus pasar luar negeri di seluruh Eropa, memperkuat
dominasinya di pasar skuter langkah-melalui.
Para GS150 Vespa (Gran
Sport) model VS1 diperkenalkan pada tahun 1955, menampilkan sebuah motor
150cc yang menghasilkan 8 hp pada 7000 rpm. Gran Sport VS1 melalui VS5
dikenal untuk lini anggun mereka, dan bulat lembaran logam bekerja, dan
dibangun antara tahun 1955 dan 1961.
Vespa Desain dan Konstruksi
Vespa yang telah
dirancang di sekitar sebuah chassis unibody yang dibuat dari
lembaran-logam cap, dengan cowlings yang menutupi mesin, dan fairing
bawah berkontur yang bertindak sebagai penjaga lumpur. Mesin adalah
sebuah motor satu silinder dua-stroke 'lebar bingkai'. Aksesori opsional
termasuk rak depan dan belakang dan ban kit cadang 'benua'.
Selama sepuluh tahun
pertama dalam produksi, Vespa terjual lebih dari satu juta
unit. Memutuskan untuk memperluas keberhasilan mereka dalam arena
skuter, Piaggio memperkenalkan Vespa 400 mobil di 1957.In 1959, Piaggio
dibeli oleh Fiat SpA, yang dimiliki pada saat itu oleh keluarga
Agnelli. Selama tahun 1960, Vespa VBB dijual dengan model, VBC, dan VLB;
yang menggunakan 4 kecepatan transmisi manual dan 150 cc dua-stroke
engine. Pada tahun 1968, Vespa dihentikan 'piston-porting' nya 2-stroke
motor, terakhir digunakan pada SS 180 SuperSport. Piaggio & CSpA
telah memiliki beberapa Marques Italia selama bertahun-tahun, termasuk
Aprillia, Gilera, Laverda dan Moto Guzzi.
Keluarga kami memiliki
Vespa asli yang digunakan dalam 'Roman Holiday' komedi romantis 1953
Audrey Hepburn dan Gregory Peck menatap. Skuter adalah hadiah dari
sutradara Billy Wilder, yang adalah co-produser film dengan kakek saya,
Don Hartman.
Vespa Vintage Model (1944-1980)
Vespa MP5 & MP6 Prototip - 1944-1945
Vespa 98-1946
Vespa Corsa - 1947
Vespa 125 - 1948
Vespa GS 150 - VS1 untuk VS5 Gran Sport - 1955-1961
Vespa GS 160 - MK1 untuk MK2 - 1962
Vespa GT Gran Turismo & Sportique - 1962-1967
Vespa 125 super & super VBC 150 - 1965-1979
Vespa Sprint Veloce Sprint & VLB - 1969-1979
Vespa SS 180 SuperSport - 1964-1968
Vespa Rally - 1968-1972
Vespa 50 & 50 Khusus - 1964-1973
Vespa Primavera - 1968-1976
Vespa PX - 1980-1982
Vespa Hari ini
Vespa Piaggio dan
berhasil kembali memasuki pasar AS pada tahun 2001, di bawah kepemilikan
Roberto Colaninno, dan merek Aprilia ditambahkan ke baris skuter.
Seperti Volkswagen
Beetle, atau Mini Cooper, Vespa telah bentuk segera dikenali yang
direndam dalam nostalgia dan romantisme, memberikan status kultus dekat.
Vespas yang dipamerkan di Guggenheim di New York dan Centre Pompidou di
Paris.
Hari ini, Piaggio merupakan sebuah perusahaan publik yang dijual di pasar ekuitas AS di bawah simbol ticker: PIAGF.
link
http://www.theworldofmotorcycles.com/vintage_motorcycle_vespa-scooter.html
You might also like:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar